Selamat Datang di Situs Resmi Desa Tembuku, Media Komunikasi dan Informasi Pemerintah Desa Tembuku dengan seluruh lapisan masyarakat

Artikel

PUCUK BANG Sebagai Maskot Kabupaten Bangli, Bali

20 Maret 2021 01:45:23  Administrator  5.526 Kali Dibaca  Berita Desa

        Warna nya yang sangat cerah dan berani juga mempesona, sehingga Bunga ini sangat digemari oleh kebanyakan orang. Tanaman dengan nama latin Syzygium oleana sp / Pucuk Bang ini memang indah dan mudah perawatannya. Sehingga tanaman  ini sangat cocok ditanam sebagai tanaman peneduh sekaligus tanaman hias di berbagai sudut taman atau jalan. 

         Bukan rahasia lagi jika tanaman dengan sistem perakaran kuat ini memiliki banyak manfaat, misalnya saja, untuk mencegah erosi. Hal ini dikarenakan struktur akarnya yang kompleks dan kuat, mampu menahan tanah dari gerusan air. Belum lagi kemampuannya dalam menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida, sangat bagus untuk peneduh jalan. 

       Kerennya lagi, di dalam tanaman merah cantik ini, terdapat kandungan minyak atsiri dan antioksidan. Jadi menyuling daun-daun kering dan perbungannya, akan menghasilkan aroma unik yang menenangkan. Sedangkan antioksidan sendiri mampu menangkal radikal bebas jika dikonsumsi menjadi seduhan air panas. 

            Warna merah yang muncul di pucuknya menandakan bahwa tanaman pucuk bang ini memiliki warna alami yang cantik. Sehingga, bisa dimanfaatkan untuk pewarna alami. Apalagi mau bereksperimen seni shibori, tentu menarik jika menggunakan pewarna alami ini.  Bahkan, warna yang dihasilkannya aman untuk pewarna makanan.

       Maka dari itu sangatlah wajar  Pucuk Bang dijadikan Maskot di daerah Bangli, Bali. Tentu saja, pengakuan ini bukan semata-mata karena tanaman dengan daun oval berujung lancip ini indah. Akan tetapi, ada nilai-nilai historical dan juga manfaatnya yang luar biasa. Sehingga penobatannya sebagai maskot dilakukan.

     Berdasarkan Intruksi Bapak Bupati Bangli terkait dengan MASKOT KABUPATEN BANGLI PUCUK BANG dan Gerakaan Awal Penanaman Pucuk Bang pada hari jumat, 19 Maret 2021 maka Pemerintah Desa Tembuku sudah melaksanakan intruksi dari Bapak Bupati Bangli untuk mengadakan penanaman Pucuk Bang di Halaman Kantor Desa. 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Agenda

Belum ada agenda

 Peta Desa

 Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online
SiPeDe SIKS-NG

 Media Sosial

 Komentar

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:460
    Kemarin:1.422
    Total Pengunjung:1.337.359
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.174.191
    Browser:Tidak ditemukan

 Hubungi Kami

Hubungi Kami

Hubungi Kami